Femi Rachmawati A Passionate Girl on Digital Solution, Love doing research and data analysis

Tips Ampuh Bisnis Rental saat Pandemi

2 min read

Bisnis Rental

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sudah mempengaruhi bisnis rental mobil/motor yang ada. Tentunya, pandemi membuat pelanggan mobil/motor rental merosot dalam segi jumlah karena orang-orang juga tidak bepergian seperti sebelumnya. Maka dari itu, tidak heran jika banyak bisnis rental mobil/motor mengalami kesulitan untuk mencari konsumen atau sekedar memenuhi minimal pendapatan dari bisnisnya. Dalam artikel ini, Snaptig akan berbagi beberapa tips mengelola bisnis rental di tengah pandemi agar bisnis rental juga tetap berjalan. 

1. Atur kas lebih baik

Cash Flow

Dikarenakan oleh pemasukan yang drastis akibat pandemi, penting untuk mengatur kembali kas bisnis yang Anda miliki. Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan restukturasi kredit ke lembaga perbankan. Dengan mengajukan penundaan pembayaran tagihan sesuai kemampuan dan peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kas bisnis rental Anda tentunya bisa diselamatkan. Jangan khawatir, sudah ada aturan OJK mengenai hal tersebut yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi. Selain itu, atur juga pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Perhitungkan alur pemasukan dan pengeluaran dan bandingkan keseimbangannya. Jangan lupa untuk menghitung total hutang yang Anda punya jika ada. 

2. Lihat kondisi karyawan

Bisnis Rental Mobil Sepi Akibat Corona, Nyaris Gulung Tikar - Otomotif  Tempo.co
Karyawan bisnis rental harus diperhatikan

Dengan kondisi pandemi seperti saat ini, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan situasi karyawan Anda. Diskusi dengan karyawan Anda tentunya akan membantu Anda memilih keputusan bisnis yang terbaik, dimana Anda bisa mempertimbangkan pilihan work from home (WFH), unpaid leave, atau bahkan PHK ke depannya. Apapun itu, sebaiknya dilakukan secara manusiawi dan bijaksana. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari konflik yang tidak diinginkan, karena semuanya sudah berjalan sesuai kesepakatan bersama. 

3. Ubah strategi bisnis 

Strategi Bisnis Berjualan Online | | Line56
Penyesuaian bisnis strategi

Untuk tetap bisa bertahan, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan mengerti apa yang harus disesuaikan dari bisnis rental Anda. Pertimbangkan mengubah strategi bisnis mulai dari branding, membuat layanan baru yang diperlukan oleh konsumen di era pandemi, atau berbagai ide bisnis lainnya. Dengan kata lain, Anda “dipaksa” untuk menyesuaikan bisnis rental Anda dengan kondisi terbaru yang diakibatkan oleh pandemi ini dengan mencoba opsi marketing lain dibandingkan dengan strategi yang Anda sudah coba sebelumnya. 

4. Gunakan media sosial dan website 

Tips ini merupakan tips sambungan dari tips sebelumnya. Media sosial atau website bisa menjadi alternatif strategi bisnis untuk mencari konsumen sekaligus menambah poin branding bisnis rental Anda. Faktanya, menggunakan media sosial atau website merupakan strategi marketing paling umum dan mudah untuk dilakukan. Jika Anda sudah memiliki media sosial atau website, ini juga saat yang tepat untuk memaksimalkannya dengan berbagai fitur atau tambahan servis terbaru yang bisa memudahkan konsumen untuk menemukan bisnis Anda. Inilah dimana Snaptig juga hadir sebagai jalan keluar untuk perubahan strategi bisnis Anda secara online, dimana Anda bisa memiliki lapak website Anda sendiri secara gratis dan lebih dekat dengan konsumen. 

Lihat cara bergabung sebagai mitra dengan Snaptig mulai dari Dokumen Persyaratan Mitra hingga Pengelolaan Produk Rental 

5. Ikuti protokol kesehatan

Rental Mobil Bisa Jadi Pilihan Tepat di Era New Normal, Ini Sebabnya
Patuhi protokol kesehatan

Untuk memaksimalkan layanan bisnis rental Anda, tentunya wajib untuk Anda memastikan kebersihan dari mobil/motor yang disewakan dengan menyemprotkan cairan desinfektan secara menyeluruh di bagian permukaan mobil/motor secara teratur. Menjadi bisnis yang patuh akan peraturan dan anjuran dari pemerintah juga tentunya akan menjadi poin tambahan yang bisa menarik respon positif dari konsumen, karena konsumen juga mempertimbangkan sisi kebersihan dari mobil/motor rental yang dipakai semenjak pandemi mulai melanda. 

Nah, itulah beberapa tips mengelola bisnis rental yang Anda bisa coba di tengah pandemi ini. Penyesuaian, penghematan, dan pengawasan menjadi kunci agar bisnis rental Anda tetap berjalan di masa-masa sulit. Jangan lupa cek artikel lain dari Snaptig dimana Anda juga bisa mengetahui berbagai informasi lainnya seputar mobil/motor rental dan traveling. Share artikel ini ke rekan-rekan Anda yang memiliki bisnis rental supaya mereka tetap bisa bertahan! Kunjungi laman Snaptig untuk bergabung menjadi mitra kami, dimana konsumen bisa menemukan Anda lebih mudah dan cepat melalui Snaptig. 

Apakah sudah melakukannya untuk pelanggan Anda?

Femi Rachmawati A Passionate Girl on Digital Solution, Love doing research and data analysis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *