Vivi Tampubolon I am the author of my life. Unfortunately, I Love Technology & Digital Marketing, Contribute in Something Impactful is what I'm looking for.

Tips Liburan Simpel Dan Hemat Ala Backpacker Bagi Pemula

2 min read

Liburan saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Karen liburan dapat mendukung kelangsungan hidup seseorang, dengan berjalan-jalan ke tempat wisata Anda bisa menghilangkan segala penat dan stres yang dirasa, akibat sibuk dengan rutinitas selama ini.

Namun banyak orang yang masih beranggapan kalau kegiatan ini memerlukan banyak biaya. Sehingga beberapa orang mengurungkan niatnya untuk liburan. Padahal sebenarnya dengan biaya pas-pas an pun kamu sudah bisa menikmati liburan yang menyenangkan seperti yang dilakukan para Backpacker. Kamu bisa mencoba beberapa tips yang akan dibahas disini yaitu Tips liburan simpel dan hemat ala Backpacker bagi pemula.

1. Pilih Destinasi yang Backpacker Friendly

financialku.com

Dalam hal memilih destinasi liburan yang akan dituju pasti akan sedikit membingungkan bagi para backpacker, selain karena banyak nya tempat wisata yang menawarkan keindahan masing-masing, keamanan dan kenyamanan juga menjadi faktor penting dalam memilih destinasi liburan. Apalagi bagi pemula, hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum menentukan destinasi yang akan dituju.

Pastikan kamu memilih destinasi liburan yang ramah wisatawan atau Backpacker, ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan aman saat mengeksplor tempat-tempat menarik yang ada disana, dan pastinya akan membuat pengalaman liburan lebih berkesan. Kamu dapat mencari tahu seputar destinasi wisata yang Backpacker Friendly dari beberapa situs internet.

2. Buat Itinery Liburan dan Anggaran

hipwee.com

Setelah mendapatkan destinasi liburan yang akan dituju barulah kamu bisa membuat itenery liburan. Buatlah daftar rangkaian aktivitas atau perjalanan mu selama disana. Atur semua kegiatan yang akan kamu lakukan secara matang. Tujuan itinery agar kamu tidak kebingungan lagi ingin pergi kemana dan ingin melakukan apa saat sudah berada dilokasi wisata, jadi akan lebih menghemat waktu.

Selain membuat itinery, kamu juga wajib membuat anggaran pengeluaran selama liburan, agar kam udapat mementukan total budget yang akan kamu bawa.

3. Update Promo Transportasi dan Akomodasi

theverge.com

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mencari informasi transportasi dan akomodasi yang sedang promo. Pastikan kamu selalu update dengan informasi ini. Karena biasanya tiket promo akan menjadi buruan para backpacker, jadi kamu harus pintar dalam mencari promo yang mungkin bisa kamu gunakan.

Untuk mencari tahu informasi mengenai tiket promo, kmau bisa mengunduh beberapa aplikasi penjualan tiket atau aplikasi penyewaan akomodasi dan transportasi seperti aplikasi Snaptig.

4. Sewa Motor Lebih hemat

oto.detik.com

Saat ini kebanyakan para Backpacker lebih memilih menggunakan jasa rental motor daripada menggunakan transportasi umum karena lebih hemat. Harga sewa motor yang lebih murah dibanding dengan total biaya ongkos transportasi umum menjadi alasan untukmemilih motor rental. Dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 80.000 – Rp 150.000, kamu sudah bisa berkeliling ditempat wisata seharian sampai puas

5. Cari Referensi Penginapan

futureready.com

Kumpulkan referensi penginapan yang ada didaerah sekitar destinasi tujuan, perbanyak membaca review dari penginapan yang akan dituju, dari hasil review kamu dapat membandingkan penginapan yang satu dengan lainnya. Agar kamu dapat memastikan penginapan yang akan kamu sewa nyaman dan aman.

6. Bawa Barang Secukupnya

travel.kompas.com

Sesuai dengan namanya, para Backpacker tentunya kamu akan membawa tas backpack. Bawalah barang secukupnya, dan pastikan barang yang akan kamu bawa adalah barang yang benar-benar kamu butuhkan untuk mendukung perjalanan mu. Urutkan barang apa yang menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan mu selama liburan, agar tidak melebihi tas backpack mu. Selain lebih simpel juga tidak repot saat membawanya.

7. Bawa Bekal Makanan Dan Minuman

phinemo.com

Makan dan minum adalah hal yang wajib untuk dipenuhi, selama melakukan perjalanan akan banyak godaan untuk membeli jajan ketika merasa lapar. Untuk mengatasi kelebihan budget, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuiman untuk cemilan selama diperjalanan. Kamu bisa membawa makanan yang ringan dan mudah dibaawa semacam kue kering dan air mineral.

8. Bersosialisai Dengan Penduduk Sekitar

newzealand.com

Tips Terakhir yaitu kamu boleh mencoba untuk bersosialisasi dengan penduduk sekitar tempat wisata. Hal ini akan sangat berpengaruh pada suasana liburan mu. Banyak keuntungan yang akan kamu daoat kan seperti mendapat teman baru kamu, dapat mempelajari bahasa daerah sekitar, kamu juga dapat mencari tahu informasi mengenai tempat-tempat unik disekitar destinasi tersebut. Selain itu, sifat yang ramah tamah akan berguna saat kamu ingin membeli oleh-oleh dari daerah tersebut, kamu boleh basa-basi saat melakukan tawar-menawar, tentunya warga sekitar akan merasa lebih senang dan mungkin saja akan memberikan harga yang murah untuk barang yang kamu beli.

Vivi Tampubolon I am the author of my life. Unfortunately, I Love Technology & Digital Marketing, Contribute in Something Impactful is what I'm looking for.

7 Tempat Wisata Terpopuler…

Siapa yang tidak tahu Bali? Salah satu pulau kebanggaan Indonesia akan tempat wisatanya ini memang kerap dijadikan tempat wisata andalan, baik untuk wisatawan lokal...
Femi Rachmawati
3 min read