Vivi Tampubolon I am the author of my life. Unfortunately, I Love Technology & Digital Marketing, Contribute in Something Impactful is what I'm looking for.

Tips Memilih Motor Rental Yang Aman Di Tempat Wisata

2 min read

Dalam melakukan perjalanan atau liburan tentunya akan membutuhkan transportasi. Dan beberapa orang lebih nyaman menggunakan transportasi rental daripada transportasi umum, seperti motor rental. Selain lebih murah juga lebih fleksibel.

Namun beberapa orang masih ada yang bingung untuk menentukan pilihan ketika ingin menyewa motor rental, apalagi ketika ingin menyewa motor di tempat wisata yang pastinya merupakan tembat baru dan tidak mengetahui banyak informasi mengenai motor rental.

Agar tidak bingung lagi, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut untuk memilih motor rental yang aman di tempat wisata. Berikut ulasannya

1. Harga

federaloil.co.id

Hal pertama yang paling penting yaitu pada bagian harga. Sebelum memilih motor rental kamu perlu kumpulkan beberapa referensi mengenai harga dari beberapa perusahan motor rental yang ada di daerah wisata yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa membuat daftar agar lebih mudah saat membandingkannya, buat lah harga standar dari tiap masing-masing perusahaan rental untuk menjadi patokan dalam memilih harga yang cocok.

Banyak perusahaan rental yang memberikan harga jauh lebih murah dari harga standar, jangan langsung tergiur dengan harga murah yang jauh dibawah standar atau tidak wajar.

2. Faslitas

touwanishop.com

Selain harga kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang diberikan perusahaan rental, ada yang memberikan fasilitas seperti helm, jas hujan, dan lain sebagainya. Pertimbangkan juga harga degan fasilitas yang disediakan tersebut, jika harga nya mahal namun tidak memberikan fasilitas kamu bisa memilih rental motor yang lain.

Beberapa perusahaan rental juga ada yang memberikan harga mahal namun sudah termasuk biaya BBM, jangan terfokus pada harga murah, tetapi pertimbangkan juga fasilitas yang kamu dapatkan.

3. Waktu Sewa

dewamotorrentalbalo.com

Pastikan kamu menyewa atau booking motor jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, agar kamu tidak kehabisan stok motor rental yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apalagi jika pada hari libur, penyewaan motor rental pasti lebih banyak dari biasanya dan tentunya harga nya juga bisa lebih mahal karena banyak nya permintaan. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi. Jadi agar liburan lebih tenang kamu pastikan sudah booking motor beberapa hari sebelum hari H.

4. Sistem Sewa

sites.google.com

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu sudah mendapatkan informasi mengenai sistem sewa dari pihak rental. Syarat dan ketentuan, dokumen apa saja yang harus disertakan dan lainnya.

Biasanya sebelum menyewa pemilik rental akan menginformasikan terlebih dahulu mengenai sistem sewa yang berlaku pada perusahaan nya, namun jika pemilik rental tidak menginformasikan, kamu boleh menanyakan terlebih dahulu. Tujuan nya adalah agar tidak terjadi kesalah pahaman saat mengambil dan mengembalikan motor yang kamu sewa karena kurangnya informasi.

5. Pilih Motor

gridoto.com

Kemudian pilih motor yang sesuai dengan kebutuhan mu, jika kamu tidak bisa mengendarai motor gigi, kamu bisa memilih motor matic, atau jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat ekstrim seperti pegunungan kamu bisa memilih motor yang cocok untuk rute jalan yang berbatu dan menanjak seperti motor trail.

Jenis motor yang disediakan dari tiap perusahaan rental berbeda-beda jenis, hal ini juga aka mempengaruhi perbedaan harga yang ditawarkan antar perusahaan rental yang satu dengan lainnya, jadi pastikan kamu membandingkan harga pada jenis motor yang sama.

Sebelum menentukan pilihan motor, pastikan kamu sudah memerika bagian fisik dan mesin motor seperti rem, gas, stang, ban dan lampu apakah bekerja dengan baik, tentu hal ini untuk keamanan dan keselamatan selama berkendara.

6. Lakukan Test Drive

lifestyle.kompas.com

Selain memeriksa keadaan fisik yang nampak dari luar, kamu juga harus memeriksa bagian mesin motor, untuk lebih meyakinkan bagian mesin kamu bisa melakukan test drive untuk mengukur seberapa prima kendaraan yang akan kamu sewa. Namun sebelum melakukan test drive pastikan bahwa pemilik rental sudah mengizinkan atau memperbolehkan untuk test drive karena ada beberapa perusahaan yang tidak mengizinkan test drive oleh calon penyewa untuk kemanan.

Jika diperbolehkan kamu bisa lakukan test drive disekitar lokasi perusahaan yang masih bisa dijangkau oleh pemilik rental. Jika kamu merasa motor yang kamu test memiliki kerusakan atau salah satu bagian mesin tidak berfungsi dengan baik, jangan sungkan untuk memberitahukan kepada pemilik dan meminta untuk ganti motor, hal ini untuk keamanan selama berkendara.

snaptig.com

Demikan 6 tips yang bisa kamu lakukan sebelum menyewa motor rental di daerah tempat tujuan wisata. Untuk mencari referensi mengenai harga, fasilitas, jenis motor dan lainnya kamu bisa melakukan secara daring, atau agar lebih mudah kamu bisa membuka situs penyewaan mobil dan motor di web Snaptig https://snaptig.com/ . Selain mendapat informasi-informasi yang kamu butuhkan kamu juga bisa melakukan penyewaan langsung dari aplikasi tersebut, akan sangat membantu.

Vivi Tampubolon I am the author of my life. Unfortunately, I Love Technology & Digital Marketing, Contribute in Something Impactful is what I'm looking for.

7 Tempat Wisata Terpopuler…

Siapa yang tidak tahu Bali? Salah satu pulau kebanggaan Indonesia akan tempat wisatanya ini memang kerap dijadikan tempat wisata andalan, baik untuk wisatawan lokal...
Femi Rachmawati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *